Selasa, 27 November 2012

5 Makanan untuk penderita diabetes

5 Makanan untuk penderita diabetes

Makanan-makanan ini mampu membantu para penderita diabetes untuk menjaga tingkat gula darah mereka tetap stabil, seperti dilansir oleh WebMD (26/11)

1. Oatmeal
Oatmeal bisa membantu menjaga tingkat gula darah. Namun Anda harus memilih oatmeal yang tidak mengandung pemanis buatan dan gula. Meski kaya karbohidrat, namun karbohidrat dalam oatmeal adalah jenis yang baik dan lama diserap tubuh, sehingga tak menaikkan gula darah. Oatmeal juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta mampu menurunkan berat badan.

2. Brokoli, bayam, dan kacang hijau
Beberapa jenis sayuran seperti brokoli, bayam, dan kacang hijau cocok untuk para penderita diabetes. Makanan ini kaya serat dan rendah karbohidrat. Namun hindari sayuran lain seperti buncis, kentang, dan jagung, karena kaya karbohidrat dan mampu meningkatkan gula darah.

3. Strawberry
Buah ini dijauhi penderita diabetes karena rasa manisnya. Namun rasa manis pada strawberry tak akan meningkatkan gula darah berlebihan. Strawberry lebih baik dijadikan cemilan dibanding kue atau sayuran lain. Strawberry rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya air dan serat, sehingga membuat orang kenyang lebih lama.

4. Salmon dan daging
Salmon dan daging kaya protein serta tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Jika dimakan dalam porsi yang tepat, daging serta ikan bisa jadi pilihan baik bagi penderita diabetes. Daging juga mengandung chromium yang membantu insulin bekerja dengan baik.

5. Kayu manis
Penelitian di Jerman menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis mampu menjaga tingkat gula darah pada pasien diabetes. Dibanding placebo, rempah-rempah ini bisa menurunkan tingkat gula darah hingga 10,3 persen.

Lima makanan di atas bisa membantu Anda menjaga tingkat gula dalam darah. Untuk para penderita diabetes, makanan tersebut juga bisa dimasukkan dalam diet sehat sehari-hari.
Powered by : ace maxs

0 komentar:

Posting Komentar