Sabtu, 01 Desember 2012

Masalah kesehatan masyarakat

Masalah itu sebenarnya sudah lama ada dan terus akan ada jika kita belum bertindak kearah penyehatan yang tepat bagi masyarakat. Apa saja masalah tersebut : 

1. Masalah Perilaku Kesehatan. Masalah ini sangat berkaitan dengan tingkat pendidikan masyarakat yang akan mempengaruhi pengetahuan masyarakat untuk berprilaku sehat.

2. Masalah Kesehatan Lingkungan. Hal ini meliputi penyehatan lingkungan pemukiman, penyediaan air bersih, pengelolaan limbah dan sampah serta pengelolaan tempat-tempat umum dan penglahan makanan. 

3. Penyehatan Lingkungan Pemukiman. Rumah sehat sebagai prasyarat berperilaku sehat memiliki kriteria yang sulit dapat dipenuhi akibat kepadatan populasi yang tidak diimbangi ketersediaan lahan perumahan.

4. Penyediaan Air Bersih. Syarat air minum yang sehat antara lain syarat fisik, syarat bakteriologis dan syarat kimia. Air minum sehat memiliki karakteristik tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, suhu di bawah suhu udara sekitar (syarat fisik), bebas dari bakteri patogen (syarat bakteriologis) dan mengandung zat-zat tertentu dalam jumlah yang dipersyaratkan (syarat kimia). 

5. Penglolaan Limbah dan Sampah. Pengelolaan sampah meliputi sampah organik, anorganik serta bahan berbahaya. Pengelolaan limbah ditujukan untuk menghindarkan pencemaran air dan tanah sehingga pengolahan limbah harus menghasilkan limbah yang tidah berbahaya. Syarat pengolahan limbah cair meliputi syarat fisik, bakteriologis dan kimia. 

6. Pengolahan tempat-tempat Umum dan Pengolahan Makanan. Pengelolaan tempat-tempat umum meliputi tempat ibadah, sekolah, pasar dan lain-lain sedangkan pengolahan makanan meliputi tempat pengolahan makanan (pabrik atau industri makanan) dan tempat penjualan makanan (toko, warung makan, kantin, restoran, cafe, dll). Kegiatan berupa pemeriksaan syarat bangunan, ketersediaan air bersih serta pengolahan limbah dan sampah.

Powered by : ace maxs

0 komentar:

Posting Komentar